Tunjangan Naik, Babinsa Diminta Tingkatkan Kinerja

Bambang Soesatyo (kemeja putih) bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta TNI AD memastikan peningkatan kinerja Bintara Pembina Desa (Babinsa). Hal tersebut didasarkan telah meningkatnya tunjangan garda terdepan dalam menjaga keamanan khususnya pada daerah perbatasan.

“Terkait kenaikan tunjangan kinerja Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tipe A dari Rp 104.000/bulan menjadi Rp 900.000/bulan dan Tipe B dari Rp 440.000/bulan menjadi Rp 1.200.000/bulan, sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan. Meminta Komisi I DPR mendorong Mabes TNI melalui Komando Daerah Militer meminta Babinsa untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial, terutama dalam mengantisipasi aksi radikalisme ataupun terorisme yang mengancam negara,” pinta Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (18/7).

Koordinasi antara Babinsa secara berjenjang dengan institusi negara lainnya dalam menghadapi potensi ancaman keutuhan Negara Kesatan Republik Indonesia (NKRI) juga diminta Bamsoet untuk lebih ditingkatkan.

“Meminta Komisi I DPR dan Komisi II DPR mendorong TNI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Babinsa dan aparat desa untuk saling berkoordinasi dalam menghadapi isu-isu yang mengancam persatuan dan kesatuan serta menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis,” ujar Bamsoet.

“Menyampaikan selamat atas kenaikan tunjangan kinerja dari Banbinsa yang berperan sentral dalam menjaga persatuan bangsa,” sambung Bamsoet.   {007}.

Comments

comments