Bangun Kesadaran Wisata Halal !!!

 

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Pariwisata untuk membangun kesadaran berwisata secara halal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak terkait yang ada di republik tercinta ini.

“Terkait destinasi wisata Indonesia yang belum sepenuhnya memenuhi syarat menjadi destinasi wisata halal, hanya baru mencapai level wisata ramah muslim, mendorong Komisi X DPR meminta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk melakukan langkah taktis dalam membangun kesadaran pasar (market awareness) wisata halal, dengan bekerja sama bersama pemerintah, akademisi, pebisnis, komunitas, dan media dalam mengakselerasi pengembangan destinasi wisata halal di Indonesia,” tegas Bamsoet dalam siaran pers, Jumat, (31/8).

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga menilai penting adanya sertifikasi Halal terhadap objek-objek wisata di dalam negeri ini. Diantaranya adalah lokasi-lokasi tempat wisatawan membeli makanan maupun minuman.

Sertifikasi tersebut diyakini dapat semakin memberi kenyamanan wisatawan dalam menikmati alam nan indah milik bangsa ini. Demikian pula terhadap layanan yang memenuhi standar Syariah bagi hotel-hotel di lokasi-lokasi wisata.

Langkah tersebut diyakni Bamsoet dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar, termasuk pengunjung Muslim.

“Mendorong Komisi X DPR meminta Kemenpar, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pemerintah Daerah (Pemda) bersama para pengusaha hotel maupun restoran di seluruh daerah agar segera melakukan sertifikasi halal dengan memenuhi sejumlah persyaratan menjadi destinasi wisata halal guna memberikan perlindungan terhadap konsumen dan rasa nyaman berdasarkan aspek syariah, mengingat sertifikasi halal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan kualitas hotel ataupun restoran, sehingga mampu mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan bisnis wisata, baik perhotelan maupun restoran di Indonesia, serta dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai kawasan Taman Wisata Dunia,” jelas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments