Bulog Diminta Jaga Ketersediaan Beras

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) menjaga ketersediaan beras bagi masyarakat di pasaran. Hal tersebut terkait adanya sejumlah daerah yang mengalami musim kering sehingga berdampak pada produksi padi.

“Mendorong Komisi VI DPR meminta Badan Usaha Logistik (Bulog) untuk menjaga ketersediaan pasokan beras dan stabilitas harga beras di seluruh Indonesia sebagai dampak kekeringan yang melanda sentra produksi pangan, terutama di daerah yang tidak memiliki sawah seperti Maluku dan Jayapura,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (6/8).

Agar produksi padi tidak lagi tergantung musim, kedepannya Bamsoet berharap adanya penelitian yang menghasilkan varietas unggulan. Sehingga, musim apapun yang terjadi, produksi padi republik ini tidak mengalami gangguan.

“Mendorong Komisi IV DPR dan Komisi VIII DPR meminta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemerintah daerah melakukan kajian dan inovasi terhadap masalah krisis air yang selalu melanda lahan pertanian ketika musim kemarau datang, sehingga masalah tersebut dapat teratasi dan tidak terjadi kembali,” lanjut Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga berharap agar semua pihak terkait menempuh langkah antisipatif agar hal serupa tidak terulang. “Mendorong Komisi IV DPR dan Komisi VIII DPR meminta Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pertanian Daerah untuk segera melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi masalah kekeringan di daerah sentra produksi pangan, seperti memberikan bantuan air bersih dan menyediakan pompa air untuk irigasi,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments