Ketua DPR RI: Tingkatkan Pengawasan Dana Otsus!!!

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta agar pengawasan atas penggunaan dana otonomi khusus (Otsus) ditingkatkan. Hal tersebut tidak lepas dari beberapa kejadian yang mengindikasikan terjadinya penyimpangan penggunaan dana tersebut.

“Mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) perlu meningkatkan pengawasan guna menghindari penyalahgunaan dana serta perlu menyusun dan mengajukan rencana anggaran yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Kamis, (9/8).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga melihat pentingnya evaluasi terhadap mekanisme penggunaan dana Otsus yang telah berjalan tahunan tersebut. Tentunya jika penyimpangan demi penyimpangan terus terjadi, keuangan negara juga yang akan dirugikan.

“Mendorong Komisi II DPR, Komisi XI DPR, dan Badan Anggaran (Banggar) DPR meminta Kemendagri melalui Pemda bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk melakukan kajian dan evaluasi mekanisme penggunaan dana otsus oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments