Lebih Efektif bila Saksi TPS Disediakan Negara

E Herman Khaeron (kemeja batik).

WAKIL Ketua Komisi II DPR RI, E Herman Khaeron menegaskan bahwa akan lebih efektif jika saksi-saksi pemilu disediakan oleh negara. “Lebih efektif kalau saksi itu disediakan negara,” kata Herman saat ditemui di kantornya, Senin, (14/8).

Dengan disediakan oleh negara, maka pembiayaan juga selayaknya dibayarkan oleh negara terhadap masing-masing saksi. “Banyaknya dan jumlah anggarannya disesuaikan dengan kebutuhan dan prosesnya,” lanjut Herman.

Dengan upaya tersebut, Herman yakin akan terwujud pemilu yang semakin demokratis dan menghindari kemungkinan kecurangan. “Akhirnya hasilnya dapat mewujudkan pemilu yang lebih demokratis, adil, tidak ada tekanan-tekanan. Akhirnya pemilu yang tanpa kecurangan,” sambung Herman.

Dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Herman yakin tidak akan ada masalah dengan sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). “Kalau 800 ribu TPS, dikali jumlah saksi dan masing-masing tingkat. Yang penting substansi saksi disiapkan negara melalui bawaslu,” ujar Herman.

Dijelaskan Herman pula, dengan dibiayai oleh negara, beban masing-masing caleg akan semakin ringan. “Dengan begitu akan semakin kecil yang ditanggung caleg. Lebih baik disiapkan saja saksi itu boleh negara melalui bawaslu,” tegas Herman.   {007}.

Comments

comments