Segera Bahas Solusi Sampah Plastik

Sampah-Sampah dari Plastik. (foto: youtube.com).

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak kementerian terkait secepatnya membahas jalan keluar bagi penumpukan sampah plastik di republik ini. Penggunaan teknologi dalam menyelesaikan persoalan sampah dinilai sudah sangat mendesak lantaran dampak yang ditimbulkannya.

“Mendorong Komisi IV dan Komisi VII DPR meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menjelaskan dan segera membahas solusi mengenai persoalan sampah yang telah mencapai tahap serius, terutama untuk meningkatkan upaya dalam menggunakan teknologi yang dapat mengurangi sampah dalam jumlah besar, mengingat keberadaan sampah plastik dapat merusak ekosistem laut dan pantai serta mengancam kesehatan manusia karena sampah plastik khususnya mikroplastik telah memasuki rantai makanan,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (20/8).

Sebelum penggunaan teknologi terwujud, Bamsoet mendorong agar pihak terkait memperbaiki semua fasilitas pengelolaan sampah yang sudah ada selama ini. Tidak terkecuali terkait proses pemindahan sampah dari sumber awalnya, seperti rumah tangga.

“Mendorong Komisi VII DPR meminta KLHK untuk meningkatkan serta memperbaiki fasilitas pengelolaan sampah, seperti diadakan penambahan truk pengangkut sampah serta menetapkan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, dengan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R), mengingat salah satu kendala dalam penanganan sampah adalah keterbatasan sarana angkutan,” lanjut Bamsoet.

“Mendorong Komisi II DPR dan Komisi VII DPR meminta Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk secara konsisten bekerja sama dengan KLHK dalam mengurangi dan menurunkan produksi sampah baik di darat maupun di laut melalui penanganan yang terintegrasi, baik dari tataran kebijakan hingga pengawasan implementasi kebijakan penanganan sampah plastik, seperti menerapkan kembali kebijakan kantong plastik berbayar di seluruh pusat perbelanjaan/pasaran,” sambung Bamsoet.

Demikian pula terkait program sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat terhadap keberadaan sampah. Menurut Bamsoet masih ada oknum masyarakat yang menimbun sampah pada lokasi tidak resmi. Tentunya hal tersebut sangatlah disayangkan dan dapat menimbulkan dampak negatif.

“Mendorong Komisi II DPR dan Komisi VII DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemda bersama dengan KLHK untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah serta pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, mengingat masih banyaknya warga yang menimbun sampah di tempat-tempat pembuangan liar, serta memberikan edukasi dan pelatihan kepada petugas kebersihan serta SDM (Sumber Daya Manusia) yang bertugas mengelola sampah, agar sampah-sampah dapat dikelola dengan baik sesuai dengan jenisnya masing-masing,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments