Segera Padamkan Karhutla!!!

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta semua lembaga yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk berupa semaksimal mungkin memadamkan api kebakaran. Hal tersebut diharapkan bisa mencegah hal-hal yang mungkin terjadi sebagai dampak kebakaran itu sendiri.

“Mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Kepolisian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan pemadaman pada lahan yang terbakar serta melakukan upaya untuk mencegah penyebaran titik api, baik pemadaman melalui darat maupun melalui udara (water bombing),” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (20/8).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga mendesak aparat penegak hukum untuk bertindak cepat memproses jika ada pihak yang sengaja membakar hutan maupun lahan untuk kepentingan tertentu terutama ekonomi.

“Mendorong Komisi III DPR meminta Kepolisian RI untuk mengusut dan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan yang membuka lahan baru untuk perkebunan dengan cara membakar,” lanjut Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga mendorong lembaga peradilan untuk secepatnya mengeksekusi pelaku pembakaran hutan maupun lahan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Mendorong Komisi III DPR meminta Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, dan Mahkamah Agung untuk menegakkan hukum dengan segera mengeksekusi kasus hukum yang sudah divonis dan berkekuatan hukum tetap kepada Perusahan ataupun Pelaku pembalakan dan kebakaran hutan agar dapat menjadi pelajaran kepada pihak yang akan melakukan pembakaran hutan dan lahan,” sambung Bamsoet.

“Mendorong Komisi V DPR dan Komisi VII DPR meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan, guna menanggulangi kebarakan hutan, penyebaran titik api, dan asap yang ditimbulkan akibat kebakaran lahan sehingga tidak mengganggu jalannya event ASIAN Games 2018 di Palembang,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments