Ketua DPR RI: Kaji Rencana Kebutuhan Tenaga Guru

Bambang Soesatyo.

 

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengkaji jumlah kebutuhan akan guru di seluruh pelosok republik ini. Hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan profesionalitas guru dalam menjalankan profesinya.

“Mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud untuk melakukan kajian terhadap rencana kebutuhan guru, guna meningkatkan mutu pendidikan melalui profesionalisme guru,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Jumat, (28/9).

“Mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud segera menyelesaikan permohonan guru honorer kategori II yang belum lulus tes, dan sejumlah 12.883 orang yang memenuhi syarat dari 157.210 orang, untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan selebihnya untuk mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” sambung Bamsoet.

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga meminta Kementerian PAN-RB mengkaji kebijakan pembatasan umur terhadap pegawai honorer. Hal tersebut didasarkan pada pengabdian yang telah mereka lakukan selama ini.

“Mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk mengkaji batasan umur terhadap pegawai honorer yang telah mengabdi selama lebih dari 10 tahun agar dapat dipertimbangkan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa melalui tes, dengan mempertimbangkan waktu pengabdian yang sudah lebih dari 10 tahun,” lanjut Bamsoet.   {007}.

Comments

comments