Segera Musnahkan E KTP Tercecer di Cikande

Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera memusnahkan ribuan KTP elektronik yang ditemukan warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

“Terkait ditemukannya 2.800 KTP elektronik (e-KTP) yang tercecer di semak belukar dan juga terdapat di dalam sebuah kardus, oleh warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten (11/9), mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta penjelasan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengenai penyebab tercecernya e-KTP tersebut serta untuk segera memusnahkannya,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (12/9).

Dalam kesempatan itu Bamsoet juga meminta Polri untuk mengusut tuntas kasus yang juga pernah terjadi berberapa waktu lalu. Sebab, ribuan KTP Elektonik yang tercecer itu sangat mudah untuk disalahgunakan oleh oknum tertentu.

“Mendorong Komisi II DPR dan Komisi III DPR meminta Kemendagri dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut serta menindak tegas oknum yang terbukti lalai, mengingat e-KTP rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” lanjut Bamsoet.

“Mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk menginstruksikan kepada Disdukcapil agar memusnahkan, menggunting dan memotong e-KTP yang rusak ataupun tidak terpakai, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali,” sambung Bamsoet.

Kemendagri didorong untuk memastikan ketersediaan fasilitas infrastruktur bagi pengerjaan seluruh bagian dari data kependudukan tunggal tersebut.

“Mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya yang berada di Disdukcapil seperti alat perekam dan tinta untuk mencetak e-KTP di setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik, guna meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada saat perekaman ataupun pencetakan e-KTP,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments