8 Ton Logistik Bantuan INTI Diterbangkan ke Sulteng

INTI terbangkan bantuan bagi korban tsunami dan gempa di Sulawesi Tengah.

 

DELAPAN ton barang-barang bantuan bagi korban tsunami dan gempa di Sulawesi Tengah (Sulteng) telah diterbangkan ke Palu beberapa waktu lalu. Ke 8 ton bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Perhimpunan IndonesiaTionghoa (INTI) bagi para korban bencana alam tersebut.

“Ini rombongan yang dari Jakarta melalui Halim Perdanakusuma, sementara Ketua INTI Sulawesi Selatan, Peter Gozal dan Sekertarisnya, Albertus Yap sudah saya instruksikan terbang dari Palu menuju Palu,” kata Ketua Umum INTI, Teddy Sugianto.

Tidak hanya bantuan logistik, untuk meringankan beban para korban, lanjut Teddy, pihaknya juga mentertakan 17 orang tim peduli bencana dalam pernerbangan yang menggunakan pesawat hercules milik TNI tersebut.

Pengiriman bantuan itu sendiri, sambung Teddy, dipimpin oleh Koordinator INTI Club, Efendi Hansen Ng. Selain itu ikut pula terbang dalam hercules tersebut, diantaranya Wakil Ketua Bidang Pendidikan INTI, Candra Jap, Kabag Opsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Ricky F. Wakanno, Kombes Pol Maman Hermawan, AKBP Linda Novenita, AKBP Fatimah AR, Letkol I Made Sidiastawan dari TNI AU, ditambah dari INTI dr. Metta Agustina, Neki Wijaya, Herri Ketaren, Vera Luciana Sion Sinaga, Sartob Sumbagawe, Lucas S. Sanjaya, Hasin, dan Benedict Wong.

Teddy juga mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan sebanyak 8 ton lebih tersebut akan didistribusikan ke posko rumah sakit TNI dan beberapa titik posko Polda Sulawesi Tengah. Jenis bantuan berupa Genset, peralatan medis, keperluan bayi dan makanan.

Tidak lupa Teddy juga mengatakan bahwa pihaknya telah langsung bergerak sejak hari pertama bencana tersebut terjadi dengan koordinasi melalui TNI dan Polri. Teddy pun menghimbau seluruh warga masyarakat bahu-membahu menunjukkan kepedulian maupun solidaritas guna meringankan penderitaan saudara-saudari kita di Sulteng.

Kepedulian seperti itu ternyata juga telah dilakukan INTI pada korban gempa bumi di Lombok, NTB. Teddy juga mengaku pihaknya baru saja kembali dari Lombok untuk memberi bantuan bagi para korban.

Rombongan Pengurus Pusat INTI yang ikut serta datang ke Lombok diantaranya, Wakil Ketua Umum Budi S. Tanuwibowo, Sekretaris Jenderal Ulung Rusman, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Candra Jap dan Nicholas Justin Sugianto cucu dari Ketua Umum.

Saat di Lombok Teddy mengaku mengunjungi tenda kesehatan TNI dan memberi semangat kepada seorang nenek yang sedang dirawat karena mengalami patah kaki kiri terkena runtuhan bangunan rumah.   {007}.

Comments

comments