Anggota Banggar DPR RI Minta Pemerintah Bijaksana Kelola Hutang

M Nizar Zahro.

ANGGOTA Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, M Nizar Zahro mengatakan seharusnya pemerintahan saat ini bijaksana dalam mengelola hutang, baik ke dalam maupun luar negeri. “Saya berharap pemerintah bijaksana dalam mengelola hutang,” kata Nizar di Jakarta, Rabu, (17/10).

Sikap bijaksana yang dimaksud Nizar adalah, pemerintah tidak semestinya dengan mudah menambah hutang. Sebab, seharusnya pemerintahan saat ini harus juga berfikir bagaimana caranya bangsa ini membayar hutang tersebut nantinya.

“Jangan selalu menambah hutang. Kalau pemerintah ugal-ugalan dalam menambah hutang, itu sangat memberatkan pemerintahan berikutnya. Apalagi 2019 ini sudah momentum pemilihan presiden,” lanjut Nizar.

Menurut Nizar, dalam satu bulan terakhir bangsa ini telah menambah hutang dalam jumlahnya yang signifikan. Tentunya hal tersebut harus juga diikuti pemikiran cara untuk mengembalikan kepada pemberi pinjaman saat jatuh tempo.

“Hutang kita menurut APBN kita per September sudah diaangka Rp 4,416,37 trilun. kalau dibanding dengan hutang bulan Agustus, itu artinya mengalami kenaikan Rp 53,18 trilun,” jelas Nizar.

Dengan kondisi saat ini, Nizar mengaku tidak yakin pemerintahan saat ini akan mampu melunasi seluruh hutang-hutang yang telah dilakukannya.

“Dengan keadaan seperti ini kita pesimis pemerintah bisa membayar hutang sesuai waktu yang ditentukan. Salah satu sebabnya adalah dari nilai dollar yang naik menjadi 15 ribu dari asumsi kurs Rp 13,500 perdollar. Dengan mines Rp 1,500 per dollar, devisa kita semakin tergerus 1500 perdollarnya. Ini sangat membahayan dan warning bagi pemeintah. Tidak ada salah pemerintah introspeksi diri. itu akan menambah beban bagi rakyat untuk membayarnya,” kata Nizar.

“Buat apa kita mempunyai menteri keuangan terbaik di dunia akan tetap nilai rupiah terhadap dollar Amerika semakin terpuruk?” tanya Nizar.   {007}.

Comments

comments