Bamsoet Desak Kemensos Segera Bantu Korban Tsunami

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) agar secepanya memberikan berbagai bantuan untuk para korban tsunami dan gempa di Sulawesi Tengah.

“Terkait hasil kunjungan Ketua DPR ke wilayah terdampak gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, hari ini, mendorong Komisi VIII DPR meminta Kementerian Sosial (Kemensos) untuk segera memberikan bantuan berupa obat-obatan, membangun tenda untuk korban musibah, membangun dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi dan memberikan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK), serta mengirimkan air bersih,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (3/10).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga mendesak instansi pemerintah terkait lainnya untuk berkoordinasi agar pemberian bantuan bagi para korban bisa sesuai harapan masyarakat di sana.

“Mendorong Komisi I DPR, Komisi II DPR, Komisi III DPR, dan Komisi V DPR meminta TNI berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa aman dan tepat sasaran,” lanjut Bamsoet.

Terkait pasokan bahan bakar minyak (BBM), Bamsoet mendesak Pertamina mengirim komoditas yang satu itu untuk mempermudah berbagai aktifitas dalam membantu korban.

“Mendorong Komisi VI DPR meminta Kementerian BUMN melalui PT. Pertamina agar mengirimkan persedian bahan bakar minyak (BBM) guna memenuhi kebutuhan BBM untuk mempermudah proses evakuasi korban parah ke daerah yang tersedia rumah sakit maupun puskesmas, mengingat kendaraan untuk membawa korban musibah terkendala dengan minimnya BBM,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments