Ini Saran Bamsoet Terhadap Pendistribusian Bantuan Korban Tsunami Sulteng

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberi atensi kepada sejumlah lembaga negara, terhadap proses pendistribusian bantuan bagi korban tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Terkait belum meratanya pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, khususnya di Kelurahan Balaroa yang hanya sekali mendapatkan bantuan paket sembako, mendorong Komisi VIII DPR meminta BNPB, BPBD, Kemensos bersama Pemda setempat untuk terus memobilisasi pemberian bantuan kemanusiaan dan memberikan pelayanan terbaik agar kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat Palu dan sekitarnya, terutama bahan makanan, termasuk makanan anak dan bayi dapat tersalurkan secara maksimal dan tepat sasaran,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Senin, (8/10).

Agar upaya pendistribusian dapat terlaksana dengan lebih maksimal, Bamsoet mendesak agar lembaga-lembaga tersebut lebih berkoordinasi. Cara itu diyakini dapat mengurangi kemungkinan tidak meratanya pembagian bantuan itu sendiri.

“Mendorong Komisi VIII DPR meminta Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dinas Sosial (Dinsos) setempat untuk terus berkoordinasi dalam penyaluran bantuan agar bantuan yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak gempa, secara proporsional dan tepat sasaran,” lanjut Bamsoet.

Terhadap bangunan-bangunan yang mengalami kerusakan, Bamsoet mendesak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan pendataan secara akurat.

“Mendorong Komisi V DPR meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bersama Pemda untuk terus mendata bangunan-bangunan yang mengalami kerusakan ringan sampai parah, dan segera melakukan perbaikan infrastruktur lebih dari 5.000 bangunan termasuk jembatan dan jalan yang rusak sebagai dampak dari gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya,” sambung Bamsoet.

Tidak lupa, Bamsoet mengingatkan pentingnya aspek keamanan bagi seluruh pihak di wilayah terdampak tsunami maupun gempa pada provinsi tersebut. Dengan kondisi yang aman Bamsoet yakin proses recovery dapat berjalan lebih cepat.

“Mendorong Komisi I DPR dan Komisi III DPR meminta TNI dan Kepolisian untuk tetap menjaga dan mengamankan jalur distribusi bantuan dan pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak gempa dan tsunami,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments