Tindak Semua Pihak Terkait Jika Ada Kelalaian Pada JT 610

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk bertindak tegas dan tidak padang bulu jika pada kemudian hari ditemukan unsur kelalaian dalam kecelakaan Pesawat Lion Air JT 610.

“Terkait kecelakaan maskapai Lion Air JT-610 (29/10) dan rekam jejak maskapai penerbangan tersebut serta data Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyebutkan terdapat 317 kasus kecelakaan penerbangan telah terjadi selama satu satu dekade terakhir (2007-2017), mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memberikan sanksi sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku kepada maskapai penerbangan Lion Air jika terbukti terdapat kelalaian dari pihak maskapai, dan petugas yang memberikan ijin terbang pesawat tersebut,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Rabu, (31/10).

Agar peristriwa serupa tidak terulang dikemudian hari, Bamsoet mendesak Kemenhub mengoptimalkan pemeriksaan kelaikan setiap pesawat terbang sebelum mengudara. “Mendorong Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai regulator untuk mengoptimalkan pelaksanaan ramp check (pemeriksaan kelaikan pesawat) setiap sebelum melakukan penerbangan, serta meminta kepada seluruh maskapai penerbangan untuk meningkatkan pemeliharaan (maintenance) terhadap pesawat,” lanjut Bamsoet.

“Mendorong Kemenhub dan KNKT secara bersama untuk melakukan evaluasi terhadap peristiwa kecelakaan-kecelakaan pesawat yang telah terjadi, agar ke depannya dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan pesawat,” sambung Bamsoet.

Disamping itu, Bamsoet juga mendesak Kemenhub sebagai regulator memastikan setiap maskapai penerbangan yang beroperasi di republik ini selalu berusaha meningkatkan kualitas para pekerjanya. “Mendorong Kemenhub mendorong seluruh maskapai penerbangan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan mutu, baik SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen, maupun pesawat yang akan digunakan sebagai transportasi penerbangan,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments