Bamsoet: Beri Kemudahan Kepada Nelayan Kecil

Bambang Soesatyo (Batik Biru).

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar mempermudah bagi nelayan kecil untuk mendapatkan fasilitas seperti perahu yang memiliki teknologi. Hal tersebut bertujuan agar bukan hanya perusahaan besar saja yang memiliki kesempatan mendapat ikan dalam jumlah banyak saat melaut.

“Mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memberikan kemudahan fasilitas kepada nelayan kecil seperti mendapatkan perahu yang berteknologi, guna membantu para nelayan dalam melakukan kegiatan menangkap ikan serta memberikan bimbingan dalam menggunakan teknologi yang diberikan,” kata Bamsoet dalam siaran pers yang diterima, Kamis, (15/11).

Lembaga-lembaga terkait, lanjut Bamsoet, juga didesak agar bekerja lebih efektif dengan memaksimalkan sinergitas. Cara tersebut juga diyakini akan menjadikan penghasilan nelayan kecil dapat lebih meningkat.

“Mendorong Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bersama Koperasi Nelayan dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk bersinergi dalam membantu nelayan kecil, baik dari sisi peralatan maupun pemasaran hasil tangkap ikan,” lanjut Bamsoet.

Harga jual ikan dari nelayan, sambung Bamsoet, juga harus dilindungi pemerintah agar jerih payah nelayan-nelayan kecil selama melaut tidak sia-sia.

“Mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuat regulasi untuk mengatur harga ikan guna melindungi nelayan kecil dari tengkulak-tengkulak yang dapat mempermainkan harga ikan,” sambung Bamsoet.   {007}.

Comments

comments