Ketua MPR RI: Metode Pengajaran Kembali PMP Jangan Doktrinisasi

Zulkifli Hasan.

KETUA MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa motode pengajaran kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) tidak bisa doktrinisasi. Untuk itu Zulkifli Hasan berharap ada motede yang sesuai dengan kondisi republik ini.

“Tapi saya sarankan jika benar terwujud PMP menjadi mata pelajaran kembali, maka metodenya harus disesuaikan dengan anak-anak muda jaman sekarang atau era kekinian.  Tidak bisa lagi seperti dulu dengan doktrinasi harus begini dan begitu, anak muda sekarang tidak bisa lagi metodenya seperti itu.  Dan Pendidikan Moral Pancasila harus diajarkan secara baik terus menerus bahkan dimulai dari level pendidikan dasar hingga perguruan tinggi,” kata Zulkifli Hasan di komplek Parlemen, Selasa, (27/11).

Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan juga menegaskan bahwa Pendidikan Moral Pancasila merupakan mata pelajaran yang penting. Lewat mata pelajaran tersebut, lanjut Zulkifli Hasan dapat mengantisipasi kemungkinan hilangnya kepedulian generasi bangsa ini terhadap Pancasila.

“Pelajaran PMP menurut saya penting.  Lepas era reformasi, pelajaran tentang memahami Pancasila dan moral tersebut hilang dari kurikulum pendidikan Indonesia.  Karena hilang, tidak disebut-sebut lagi maka anak bangsa tidak lagi perduli terhadap pancasila sebagai ideologi bangsa yang penuh nilai-nilai yang baik,” lanjut Zulkifli Hasan.   {007}.

Comments

comments