Bamsoet: Gunakan Helikopter Urus Korban Tsunami

Bambang Soesatyo (tengah).

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak semua pihak terkait agar menggunakan helikopter untuk membantu para korban bencana tsunami baik di Banten maupun Lampung Selatan.

“Mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) dan Polri untuk memanfaatkan sarana helikopter yang dimiliki kedua lembaga tersebut guna membawa bantuan, baik berupa logistik maupun obat-obatan yang dibutuhkan oleh warga terdampak tsunami,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroni yang diterima, Rabu, (26/12).

Selain itu, Bamsoet juga mendesak Kemenenterian Pekerjaan Umum dan Polri bersinergi membuka jalan yang tertutup akibat material-material dampak stunami. Hal tersebut diyakini akan mempercepat pemberian bantuan bagi para korban.

“Mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan (PUPR) bersama Kepolisian untuk segera membuka akses jalan daerah yang terdampak tsunami guna memperlancar dan mempermudah penyaluran bantuan melalui jalur darat,” sambung Bamsoet.

Di sisi lain, Bamsoet juga mendesak Kementeria Sosial menambah tenaga medis pada masing-masing posko pengungsian. Demikian pula terhadap jumlah dapur umum yang dioperasikan agar mendapat perhatian serius.

“Mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menambah tenaga medis ke posko pengungsian, dan mengerahkah mobil puskesmas keliling dan menambah stok persediaan obat yang dibutuhkan oleh warga, serta segera menyalurkan bantuan sosial dan mendirikan dapur umum di posko pengungsian,” lanjut Bamsoet.   {007}.

 

Comments

comments