Bagi Sartono, Tidak Sekedar Meraih Suara

Sartono Hutomo.

TIDAK semata-mata mengharap dukungan pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 mendatang, tetapi lebih jauh dari itu telah dilakukan oleh Politisi Partai Demorat yang satu ini.

Dialah Sartono Hutomo, figur yang akrab disapa Mas Sartono ini telah membuktikan dirinya sebagai wakil rakyat yang bermanfaat bagi konstituennya di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII.

Dalam pandangan Sartono, dirinya harus dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat yang diwakilinya. “Saya harus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada saya sehingga saya bisa duduk di Parlemen ini,” kata Sartono kepada Reportase Republik saat dijumpai di ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Senin, (7/1).

Dalam 4 tahun terakhir sudah banyak kegiatan bernuansa ekonomi yang diinisiasi Sartono pada Dapil Jawa Timur VII. Diantaranya adalah perlombaan Selancar atau Surving di perairan Pacitan, JawaTimur. Bahkan perlombaan yang dihadiri oleh puluhan surver mancanegara dilakukan sebanyak dua kali berturut-turut.

“Untuk surving itu kita sudah laksanakan sebanyak dua kali pada tahun 2016 dan 2017 berturu-turut. Alhamdulillah sekitar 40 peselancar asing yang ikut dalam masing-masing event tersebut,” ujar Sartono.

Bagi Sartono, dari dua kegiatan berskala internasional itu, telah memberikan rasa syukur dan puas yang tidak terhingga. Sebab, setiap perlombaan itu diselenggarakan, roda ekonomi masyarakat langsung berputar secara signifikan.

Sartono (kiri) berdialog dengan surver asing.

“Lagi-lagi Alhamdulillah, setiap kali lomba surving itu kita gelar, begitu banyak pedagang-pedagang kecil yang ikut menikmati hasilnya. Hal itu karena dagangan-dangan mereka laris manis terjual dan dibeli oleh para pengunjung. Artinya kegiatan seperti ini sangat diharapkan oleh masyarakat sehingga menjadi peluang memperoleh penghidupan yang lebih baik karena ada tambahan sumber pendapatan bagi keluarganya,” jelas Sartono.

“Belum lagi lapangan pekerjaan yang terbuka selama lomba itu berlangsung, seperti travel agen, pemandu wisata, dan lain-lain tentunya,” sambung Sartono.

Hal lain yang mampu menggerakan ekonomi masyarakat dan telah dilakukan Sartono adalah pembuatan Nasi Tiwul yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalama kegiatan tersebut, Nasi Tiwul dibuat oleh masyarakat dengan ketinggian mencapai 5 meter.

“Pembuatan nasi tiwul itupun Alhamdulillah mampu menggerakkan ekonomi warga masyarakat sekitar. Pertama, saat pembuatannya saja sudah begitu banyak warga yang terlibat, tentunya ada yang mereka dapatkan. Kedua, saat perayaanya sendiri, begitu banyak masyarakat yang tumpah ruah di lokasi acara. Lha ini kan jelas-jelas menjadikan dagangan yang dijajakan saat acara itu laris manis. Sehingga, memang betul-betul dirasakan adanya perputaran roda ekonomi masyarakat,” sambung Sartono.

“Jadi yang melatar belakangi saya menjalankan semua itu adalah, saya berfikir bagaimana mensejahterakan rakyat dengan program-program yang riil yang sebenarnya menjadi tugas eksekutif,” aku Satono.

Dalam kesempatan itu Sartono juga tidak menampik harapan diri dan partainya memperoleh dukungan yang lebih banyak lagi dari masyarakat dalam Pileg 2019 nanti. “Kita berharap mudah-mudahan kita bisa dapat 3 kursi, syukur-syukur lebih di Jatim VII ini,” ujar Sartono.   {007}.

Comments

comments