BMKG Didesak Koordinasikan Cuaca Kepada ATC

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkoordinasi intensif dengan regulator transportasi, khususnya Air Traffic Control (ATC).

“Mendorong BMKG bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam menyampaikan informasi cuaca khususnya untuk kepentingan transportasi udara (kepentingan penerbangan melalui Air Traffic Control/ATC), transportasi laut/danau/sungai (nakhoda kapal), dan transportasi darat,” kata Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Selasa, (8/1).

Hal tersebut disampaikan Bamsoet terkait dengan perkiraan akan tibanya puncak curah hujan di Indonesia dalam Bulan Januari 2019 ini.

“Terkait bulan Januari sebagai puncak dari musim penghujan, sehingga berpotensi memicu bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, tanah bergerak, angin kencang, maupun pohon tumbang disejumlah wilayah Indonesia,” lanjut Bamsoet.

Masih terkait perkembangan cuaca, Bamsoet juga mendesak BMKG bekerjasama dengan berbagai sarana agar penyampaian informasi cuaca dapat terselenggara dengan sangat maksimal dan diterima oleh masyarakat luas.

“Mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) selalu meng-update kondisi cuaca serta bekerja sama dengan lembaga penyiaran (publik/swasta) dalam menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat,” sambung Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga seluruh jajaran pemerintahan baik pusat maupun daerah secepatnya mengingatkan warga agar menyikapi setiap gejala alam yang terjadi. Diharapkan perubahan cuaca tidak menimbulkan korban jiwa ataupun harta.

“Mendorong pemerintah untuk memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar dapat mengantisipasi dampak dari puncak musim hujan pada bulan Januari ini, terutama masyarakat yang tinggal di dekat daerah aliran sungai/DAS untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir, banjir bandang, tanah longsor, tanah bergerak, angin kencang, maupun pohon tumbang,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments