Jajaran KLHK Didesak Tingkatkan Penjagaan Hutan di Papua

Bambang Soesatyo.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meningkatkan penjagaan hutan khususnya di Papua. Hal tersebut diharapkan dapat menjaga kelestarian hutan termasuk terhindarnya pohon merbau dari aksi pembalakan.

“Terkait belum maksimalnya sejumlah lembaga termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) di Papua dalam upaya mencegah penebangan ribuan batang kayu merbau secara ilegal, mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk Polisi Hutan dan Jagawana, untuk berkomitmen dalam meningkatkan pengawasan dan menjaga kelestarian hutan, terutama gangguan dari pelaku pembalakan liar,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Jumat, (18/1).

Dalam pesan tersebut, Bamsoet juga mendesak seluruh aparat penegak hukum agar tegas dalam menindak pelaku pembalakan. Baik pelaku maupun otak dari pembalakan tersebut. “Mendorong aparat penegak hukum di Papua untuk secara tegas menindak pelaku pembalakan liar, termasuk perusahaan yang menampung kayu hasil pembalakan,” lanjut Bamsoet.

Agar tidak dapat dikirim ke luar Papua, Bamsoet berharap pihak beacukai benar-benar jeli agar produk hutan Papua yang bernilai ekonomis tinggi itu tidak bisa lepas begitu saja ke pasaran bebas.

“Meminta aparat beacukai untuk secara selektif dan komprehensif terhadap  dokumen-dukumen yang berkaitan dengan pengiriman, khususnya terhadap dokumen pengiriman kayu gelondongan maupun kayu yang sudah diproduksi setengah jadi,” sambung Bamsoet.

Bamsoet juga mengajak seluruh masyarakat aktif melaporkan kepada aparat keamanan jika mengetahui adanya pembalakan liar di Papua. “Mengimbau masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada aparat jika menemukan atau melihat adanya pembalakan liar, agar dapat secara bersama menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments