Ketua DPR RI Apresiasi TNI

Bambang Soesatyo (kanan), Hadi Tjahjanto (kiri).

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan apresiasi atas sikap tegas yang dijalanan TNI khususnya Angkatan Udara dengan memaksa turun Pesawat Ethiopian Airlines di Pangkalan Roesmin Nurjadin.

“Terkait pesawat Ethiopian Airlines dengan tujuan Hongkong yang dipaksa mendarat di Batam oleh Skadron Udara 16 Tempur (Skadud 16) TNI Angkatan Udara (AU) di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, karena tidak memiliki dokumen resmi, mengapresiasi keputusan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, yang mengambil sikap untuk melaksanakan force down terhadap pesawat Ethiopian Airlines,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Kamis, (17/1).

Dalam pesan elektroniknya itu, Bamsoet juga berharap agar TNI khususnya Matra Udara tetap komitmen menjaga kedaulatan wilayah republik ini melalui area udara.

“Mendorong TNI, khususnya TNI Angkatan Udara (AU) untuk tetap berkomitmen dengan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui udara, serta tidak mentoleransi bagi pelanggaran terhadap kedaulatan negara,” lanjut Bamsoet.

Untuk menjalankan tugas itu, Bamsoet berharap TNI AU memaksimalkan seluruh peralatan yang dimiliki. Bamsoet juga berharap adanya upaya agar TNI meningkatkan sistem pertahanan dari yang sudah ada.

“Mendorong TNI AU untuk mengoptimalkan dan memperbaharui alat utama sistem persenjataan (alutsista) agar dapat mendeteksi dan mempertahankan wilayah Indonesia dari ancaman, maupun masuknya pesawat-pesawat negara asing yang tidak memiliki dokumen lengkap,” urai Bamsoet.  {007}.

Comments

comments