KLHK Didesak Aktif Minta Relaas Pengrusakan Lingkungan Kepada MA

Kerusakah Hutan.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersikap aktif dalam meminta salinan putusan kepada Mahkamah Agung terkait sejumlah kasus pengrusakan putusan yang diduga belum juga selesai proses eksekusinya.

“Mendorong KLHK untuk aktif meminta relaas (salinan putusan pengadilan) ke Mahkamah Agung (MA) sebagai dasar permohonan eksekusi, mengingat dari sembilan kasus baru dua kasus yang sudah ada relaas-nya,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Jumat, (4/1).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga berharap KLHK aktif berkoordinasi dengan pimpinan MA agar lembaga penegak hukum tersebut mau memberikan perhatian terhadap kasus-kasus pengrusakan lingkungan, apalagi jika sudah berkekuatan hukum tetap.

“Meminta KLHK untuk lebih aktif mengkomunikasikan dengan pimpinan MA, agar MA memberikan perhatian khusus pada penegakan hukum kasus lingkungan, terutama terhadap kasus yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht),” lanjut Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet menghimbau seluruh lembaga peradilan secepatnya melaksanakan perintah eksekusi terhadap putusan kasus-kasus tersebut yang sudah inkracht. Upaya tersebut diyakini dapat mencegah terjadinya praktik korup.

“Menghimbau lembaga peradilan untuk dapat segera melakukan eksekusi putusan yang sudah inkracht tersebut, agar menutup celah korupsi bagi negosiasi memperlambat jalannya eksekusi,” sambung Bamsoet.

“Meminta lembaga peradilan untuk menolak perlawanan koorporasi dalam mengajukan gugatan untuk menunda eksekusi,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments