Penggantian Kepala BNPB Diharap Perkecil Resiko Bencana

Bambang Soesatyo.

PENGGANTIAN Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diharap Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dapat mempercepat rekasi dalam menyikapi sebuah bencana. Dengan percepatan reaksi tersebut diyakini dapat memperkecil resiko dari bencana itu sendiri.

“Menyampaikan ucapan selamat Kepada Ketua BNPB yang baru, dengan harapan agar dengan kepemimpinan yang baru BNPB dapat memberikan reaksi cepat dan tanggap terhadap kejadian bencana, sehingga dapat meminimalisasi risiko bencana,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Kamis, (10/1).

Dengan penggantian Kepala BNPB tersebut, Bamsoet juga berharap adanya peningkatan sinergitas dengan para ahli, khususnya dalam melakukan kajian-kajian strategis kedepannya. Sehingga kondisi geografis republik ini dapat disikapi dengan lebih komprehensif.

“Mendorong BNPB untuk meningkatkan kerjasama dengan pakar guna membuat kajian dan analisa dalam menerapkan model mitigasi (rangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana) yang tepat untuk setiap daerah, mengingat Indonesia berada di ring of fire dan patahan lempeng serta banyaknya gunung api yang aktif,” lanjut Bamsoet.

Bamsoet juga berharap adanya kurikulum kebencanaan pada dunia pendidikan. Dengan demikian diharapkan seluruh masyarakat menjadi paham bagaimana mengantisipasi maupun menghadapi suatu bencana.

“Mendorong BNPB untuk berkoordinasi dengan Kementerian dan lembaga terkait terhadap wacana memasukkan pendidikan kebencanaan ke kurikulum di sekolah dan pelatihan-pelatihan penyelamatan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi resiko jika terjadi bencana,” ujar Bamsoet.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diganti dari Laksda (Purn) TNI Willem Rampangilei kepada Letnan Jenderal (TNI) Doni Monardo. Pergantian tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 tahun 2019 yang menggantikan Perpres No. 8 tahun 2008 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana.   {007}.

Comments

comments