Polair Sumut Upayakan Sterilisasi Kotornya Air Laut

AKBP Untung Sangaji (kedua kanan).

WADIR Polair Polda Sumut, AKBP Untung Sangaji mengatakan bahwa pihaknya sedang membuat proyek percontohan dalam hal sterilisasi air laut. Air yang tadinya nyaris tidak dapat diisi oleh hewan-hewan diubah menjadi tempat hidupnya biota laut kembali. “Saya coba membuat percontohan sederhana tentang sterilisasi air laut yang kotor,” tulis Untung dalam pesan elektronik yang dikonfirmasi, Kamis, (24/1).

Menurut Untung jika proyek percontohan itu berhasil, tentunya akan ditularkan penggunaannya kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di wilayah hukum Polda Sumut. “Untuk kepentingan usaha perikanan rakyat di wilayah sumatra utara agar Taraf hidup masyarakat semakin baik kedepan,” lanjut Untung.

Tumpukan Sampah di Perairan Belawan.

Dengan air laut yang sudah “disterilkan” itu, sambung Untung, para nelayan dapat perlahan-lahan merubah cara mencari nafkah. Para nelayan diharapkan mampu menjalankan usaha budidaya berbagai hewan air laut di daratan. “Ini baik untuk budidaya seperti udang, blangkas, ikan dan lainnya,” sambung Untung.

“Itu juga sebagai langkah positif kita seperti yang diharapkan oleh Kapolda dalam menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan kita agar tidak tergantung dari Perahu & Alat Tangkap Saja. Tapi bisa dengan cara sterilisasi air laut untuk berbagai jenis budidaya yang ada,” jelas Untung.

Air laut Belawan hasil sterilisasi yang dihuni oleh blangkas.

Untung juga menegaskan pihaknya tidak akan pasrah dengan kondisi air laut wilayah tertentu di Sumatera Utara. Dimana, akibat buangan rumah tangga melalui sungai-sungai telah menjadikan muaranya menjadi sangat kotor dan menjadi tempat bertumpuknya berbagai jenis sampah. “Tidak ada kata menyerah terhadap air laut yang kotor,” tegas Untung.   {007}.

Comments

comments