Ketua DPR RI Desak Pemerintah Bantu Biaya Penyambungan Listrik

PLN.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak Pemerintah melalui Kementerian terkait meringankan beban masyarakat kurang mampu untuk mendapat saluran tenaga listrik. Sebab hingga kini masih masih rumah tangga kelompok tersebut yang belum tersambung aliran listrik lantaran tidak mampu membayar.

“Terkait masih ada sekitar satu juta rumah warga kurang mampu yang memerlukan bantuan biaya penyambungan instalasi listrik baru dengan daya 450 volt ampere, mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk berkomitmen dalam memberikan bantuan biaya penyambungan listrik baru secara gratis di rumah-rumah warga yang kurang mampu, mengingat masih banyak warga kurang mampu yang belum bisa membayar biaya sambungan listrik,” kata Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Rabu, (20/3).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga mendesak kementerian tersebut maksimal dalam melayani seluruh masyarakat agar mereka benar-benar dapat menikmati kehadiran tenaga listrik dalam kehidupan sehari-harinya.

“Mendorong Kementerian ESDM untuk dapat secara maksimal memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akses listrik dengan harga yang terjangkau, sehingga fasilitas listrik tidak menjadi beban dan seluruh masyarakat Indonesia dapat memiliki akses terhadap penggunaan listrik,” lanjut Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga mendesak agar kementerian ESDM bersama Pemerintah Daerah (Pemda) mendata seluruh masyarakat yang belum teraliri tenaga listrik di rumahnya masing-masing.

“Mendorong Kementerian ESDM bersama Pemda untuk mendata daerah yang belum mempunyai instalasi dan jaringan listrik, guna mempermudah dalam mempersiapkan seluruh keperluan, baik sarana, prasarana, dan infrastruktur yang memadai, agar kebutuhan penyambungan instalasi listrik baru tersebut dapat terealisasi secara maksimal,” desak Bamsoet.   {007}.

Comments

comments