Maksimalkan Kerja Dukcapil Untuk Rekam Data e-KTP

Pemilu Serentak 2019.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak dilakukannya maksimalisasi kerja Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam merekam data Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP). Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan melibatkan tokoh masyarakat di setiap pelosok, termasuk Papua.

“Terkait masih adanya 4.231.823 warga yang belum memiliki KTP-el, 2 juta diantaranya berada di daerah pedalaman, seperti di Papua dan Papua Barat yang mengakibatkan terancam hak pilihnya dalam Pemilu 2019, mendorong Disdukcapil bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk berperan aktif mengimbau masyarakat untuk melakukan pengurusan rekam data KTP-el, sebagai persyaratan untuk mengikuti Pemilu 2019,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Kamis, (14/3).

Menurut Bamsoet, seluruh pegawai/pekerja yang ada di Dukcapil harus meningkatkan kinerjanya. Hal tersebut diyakini Bamsoet dapat mempercepat proses perekaman data e-KTP sehingga target bisa dicapai.

“Mendorong Kemendagri untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam memperbaiki sistem ataupun sarana dan prasarana perekaman KTP-el, agar perekaman KTP-el dapat berjalan sesuai target,” lanjut Bamsoet.

Jajaran Dukcapil tingkat Daerah, ujar Bamsoet, selayaknya meneruskan upaya pencocokan terhadap warga masyarakat yang belum memiliki e-KTP. Sehingga diharapkan pada waktunya nanti seluruh warga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya sesuai peraturan yang berlaku.

“Mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Disdukcapil di setiap daerah untuk terus melakukan pendataan/kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap warga yang belum memiliki KTP-el secara menyeluruh, agar warga dapat segera melakukan perekaman KTP-el sehingga bisa menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019, mengingat KTP-el sebagai syarat sah memilih bagi setiap warga negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments