Bamsoet: Pasca Gempa, Jamin Logistik Pemilu di Sumenep Tetap Lancar

Pemilu 2019.

KETUA DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak lembaga terkait memberikan jaminan ketersediaan perlengkapan Pemilu di daerah yang sempat tertimpa bencana, seperti Sumenep, Jawa Timur. Di daerah tersebut juga harus dipastikan Pemilu berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

“Mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Pemda setempat khususnya di Sumenep, agar dapat menjamin seluruh logistik Pemilu 2019 dan alat kelengkapan pemilihan tiba ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) tepat waktu serta memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 berjalan sesuai dengan azas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil, mengingat Pemilu 2019 hanya tinggal 13 hari lagi dan jangan sampai mengganggu pendistribusian logistik Pemilu,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroniknya yang diterima, Kamis, (4/4).

Hal tersebut disampaikan Bamsoet mengingat bencana gempa bumi sebesar 4,9 SR mengguncang Sumenep pada Selasa, (2/4) lalu. Pasca gempa tersebut puluhan rumah milik rakyat mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, berbagai bangunan juga rusak termasuk rumah ibadah.

Agar proses Pemilu 2019 tetap bisa berjalan dengan maksimal, Bamsoet menghimbau seluruh warga masyarakat Sumenep, Jawa Timur tidak mudah terpengaruh terhadap informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Termasuk terkait kemungkinan adanya bencana susulan.

“Mengimbau kepada masyarakat terdampak gempa untuk selalu waspada dan tidak mempercayai dengan mudah berita-berita hoax yang mungkin beredar pascagempa, dan hanya mempercayai berita atau informasi dari website resmi BMKG ataupun pejabat Pemda yang berwenang,” lanjut Bamsoet.

Terkait penanganan pasca bencana, Bamsoet mendesak Kementerian Sosial terus memberikan bantuan kepada para korban. Seperti kebutuhan dasar korban agar tetap bisa beraktivitas sehari-hari.

“Mendorong Kementerian Sosial (Kemensos) dan BPBD bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk terus memberikan bantuan, baik berupa bantuan pangan, obat-obatan, membangun tenda dan dapur umum, serta memberikan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan air bersih guna memenuhi kebutuhan para korban terdampak gempa,” ujar Bamsoet.   {007}.

Comments

comments