Agar Tidak Menyimpang Polri Dampingi Kemensos Salurkan Bansos

Brigjen Pol Ricky F Wakanno (kanan).

POLRI Melakukan pendampingan terhadap tenaga pendamping penerima dana Bansos di setiap daerah se tahan air. Hal tersebut ditujukan agar dana Bansos tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

“Hal ini dilakukan Polri sesuai dengan harapan Bapak Presiden RI agar Bansos itu tepat sasaran tanpa penyelewengan,” kata Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Ricky F Wakanno saat menjadi pembicara Bimbingan Pemantapan Pendamping KUBE, Penanganan Fakir Miskin Wilayah III di Hotel Mercure Jakarta, dalam keterangan yang diterima Kamis, (20/6) malam.

Menurut Ricky, tenaga pendamping adalah figur yang memiliki peran sangat penting agar masyarakat penerima bisa memperoleh manfaat sebesar-besarnya dana bansos. Para pendampingpun perlu diberi pemahaman agar mereka tidak tergelincir sehingga mengalami hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

“Pendamping Kube merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pengelolaan usaha yang dilakukan oleh keluarga penerima manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup sehari-hari,” lanjut Ricky.

Apalagi, jelas Ricky, masing-masing pendamping diberikan bayaran sebagai pengganti pengabdian yang mereka laksanakan bagi program pemerintah tersebut. Meskipun para pendamping juga memahami bahwa kerja yang melakukan merupakan salah satu bentuk pengadia kepada masyarakat dan negara.

“Dalam melaksanakan tugas nya pendamping ini diberikan honor yang tidak melebihi UMR, sehingga kinerja pendamping merupakan salah satu kegiatan sosial yang dapat menumbuhkan perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat yang masih kurang mampu. Pekerjaan pendamping ini merupakan pekerjaan sosial yang didasari oleh rasa ikhlas untuk membantu keluarga penerima manfaat,” jelas Ricky.   {007}.

Comments

comments