Bantu Ekonomi Ummat, Pertolongan Allah Pasti Datang

Steven Indra Wibowo.

PERNAHKAH pembaca mendengar ada kedai kopi yang menerapkan sistem usaha berbeda dari tempat-tempat bisnis lainnya? Pada kedai kopi yang satu ini, para pelanggan diberi kebebasan membayar makanan/mimunan sesuai keikhlasan saja. Artinya, di kedai kopi ini tidak ada tarif atau daftar harga dari masing-masing produk.

Itulah Steven Indra Wibowo. Seorang anak muda yang dengan penuh rasa berserahdiri kepada Sang Penciptanya, yakni Allah SWT telah membuka kedai kopi “Minum Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya”.

Dalam sebuah kesempatan melalui dunia maya, Steven mengakui lika-liku berbisni dengan cara tersebut. Namunya dirinya tetap yakin bahwa usaha yang dilakoninya akan mendapat pertolongan dari Allah.

“Dinamikanya banyak, namun yakin Allah akan mempermudah semuanya jika kita ikhlas untuk membantu perekonomian Ummat Muslim dari petani buruh kebun kopi sampai barista semuanya Muslim, anak-anak hijrah dan Mu’alaf,” tulis Steven dalam pesan elektronik yang diterima Reportase Republik, Jumat, (30/8).

Ternyata cara berbisnis seperti itu juga diterapkan Steven pada bidang yang lainnya. Yaitu produksi dan penjualan kaus kaki. Steven bahkan berani membuka komponen modal untuk membuat setiap kaus kaki yang dijualnya kepada pelanggan.

Lagi-lagi, Steven mengaku yakin jalan yang ditempuhnya sesuai dengan contoh dari Nabi Muhammad SWT. “Kaus kaki, ini bisnis yang dicontohkan Rasulullah SWT, dijalankan Ustman Bin Affan, dan bisnis sahabat lainnya, dan mereka sutainabilitynya teruji 1000 tahun lebih, kenapa ana harus khawatir,” tulis Steven lagi.

Untuk urusan hak para karyawan, Steven pun mengaku tetap berusaha menggunakan cara-cara yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SWT. Dia menggunakan sistem bagi hasil kepada para karyawan yang jumlah keseluruhan mencapai 40 orang. “Mungkin kadang sampai kadang tidak, karena semua system bagi hasil sesuai syariat Islam,” pungkas Steven Indra Wibowo.   {007}.

Comments

comments