Marwan: Bansos Covid 19 Uang Negara!!!

Marwan Jafar.

 

ANGGOTA DPR RI, Marwan Jafar menegaskan bahwa Bantuan Sosial (Bansos) Covid 19 bersumber dari uang negara. Jadi tidak benar jika ada pihak tertentu yang mengatakan bahwa pemberian Bansos, khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), bersumber dari kantong Calon Kepala Daerah.

“Yang harus dipastikan bahwa Bansos ini uang negara dan tidak uang calon. Sehingga uang ini memang tidak apapun alasannya untuk atas nama calon termasuk menulis nama calon di bungkusnya bansos itu,” tegas Marwan saat dihubungi, Kamis, (16/7) malam.

Jika dalam praktek pemberian Bansos dan ditemukan penulisan nama calon tertentu, apalagi Petahana, maka hal tersebut tidak boleh terjadi. “Apapun tidak boleh ada tulisan apapun yang menguntungkan incumbent,” lanjut Marwan.

Untuk itu, Marwan berharap adanya proses penyadaran kepada seluruh rakyat bangsa ini. Dengan cara itu diyakini Marwan masyarakat dapat menentukan pilihan tidak didasarkan pemberian Bansos itu sendiri.

“Bahwa edukasi dan penyadaran masyarakat bahwa itu hak mereka. Itu yang penting. Jadi biasanya tim sukses atau siapapun itu memberikan edukasi, terutama lawannya itu bahwa uang itu bukan uang pribadinya calon. Tetapi mengedukasi itu haknya yang menerima bansos memang. Karena yang menerima bansos ini memang terdaftar secara nama, syarat dan kriterianya. Disadarkan mereka bahwa ini uang bukan si calon tapi ini uang negara,” jelas Marwan.

Pengawasan dari seluruh pihak, menurut Marwan sangat penting dilakukan. Agar tidak terjadi politisasi Bansos ditengah pandemi covid 19 seperti saat ini. Tidak lupa Marwan berharap adanya sanksi tegas dari lembaga pengawas Pilkada itu sendiri.

“Masyarakat harus mengawasi supaya ini juga tidak disalahgunakan untuk kepentingan politik. Masyarakat harus mengawasi. Mesti sanksi tegas. Panwas kan memberikan sanksi. Kalau ada yang menyalahgunakan atau ada pengaruh kekuasaan, tentu harus ada sanksi yang tegas sesuai perundangan yang berlaku. Sehingga ini akan meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan bansos,” pungkas Marwan.   {007}.

Comments

comments