Ketua MPR RI: Cari Terobosan Atasi Laju Penularan Covid-19

Bambang Soesatyo.

KETUA MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak agar pemangku kebijakan di negara ini menemukan cara guna menghambat semakin meningkatnya penularan virus covid-19 termasuk untuk tempat-tempat tertentu. “Mendorong pemerintah melakukan evaluasi dan mencari terobosan kebijakan untuk mengatasi bertambahnya laju penularan covid-19 di lingkup komunitas, yang salah satunya disebabkan dari mobilitas warga yang cukup tinggi,” tulis Bamsoet dalam pesan elektronik yang diterima, Senin, (31/8).

Salah satu, menurut Bamsoet, adalah dengan lebih meningkatkan kepatuhan seluruh elemen masyarakat terhadap 3M, (memakai masker, menjaga jaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun). Bamsoet juga berharap ditingkatkannya daya tampung rumah sakit untuk mengobati rakyat yang terjangkit covid-19.

“Mendorong pemerintah daerah yang daerahnya berada di zona merah covid-19 untuk menerapkan dengan ketat protokol kesehatan disamping menambah jumlah tenaga kesehatan dan menambah daya tampung ruang perawatan intensif di rumah sakit,” sambung Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet mengajak seluruh warga masyarakat untuk lebih banyak di dalam rumah. Menurutnya ke luar rumah hanya dilakukan jika memang ada keperluan yang benar-benar penting saja.

“Mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mengurangi intensitas keluar rumah apabila tidak terlalu diperlukan, serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di manapun berada,” lanjut Bamsoet.

“Mendorong pemerintah meningkatkan jumlah dan memperluas cakupan pemeriksaan spesimen, baik rapid maupun SWAB, bukan hanya kepada orang yang berpeluang besar terpapar covid-19, namun kepada seluruh cakupan masyarakat, mengingat juga banyak terdapat orang tanpa gejala/OTG yang berpotensi sebagai carrier,” tulis Bamsoet juga.

“Mendorong pemerintah untuk lebih waspada dan segera memikirkan solusi jangka panjang terhadap perihal ditemukannya mutasi dari SARS-CoV-2 dalam kelompok D614G, yaitu virus pemicu covid-18 yang berpotensi dapat lebih menular,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments