Bamsoet: Masifkan Operasi Yustisi

Bambang Soesatyo.

KETUA MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap agar Operasi Yustisi yang bertujuan memastikan terselenggaranya jaga jarak antara warga di masyarakat lebih di masifkan. Hal tersebut diharapkan dapat semakin menekan angka penularan virus covid 19 di republik ini.

“Mendorong pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 bersama aparat TNI-Polri untuk menyelesaikan kendala-kendala yang terjadi di lapangan yang menjadi hambatan dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19, seperti dengan memaksimalkan dan memasifkan operasi yustisi namun tetap menggunakan cara yang humanis dan persuasif dalam penindakannya,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroniknya yang diterima, Selasa, (29/9).

Selain itu Bamsoet juga berharap adanya pelibatan berbagai komponen di masyarakat dalam rangka pemahaman jaga jarak itu adalah suatu yang sangt penting, setidaknya selama pandemi ini berlangsung.

“Mendorong pemerintah dan institusi keamanan melibatkan komunitas yang ada di sekitar masyarakat untuk diberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan dampak ketidakpedulian terhadap kesehatan pribadi, agar komunitas tersebut dapat membantu satgas sebagai penegak protokol kesehatan sekaligus mengkampanyekan gerakan disiplin protokol pencegahan Covid-19, termasuk kelompok pramuka mengingat pemerintah tidak bisa mengatasi pandemi ini sendirian, terutama dalam mengubah perilaku masyarakat untuk patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19,” lanjut Bamsoet.

Menurut Bamsoet, penggunaan berbagai jenis saluran komunikasi berbasis teknologi IT juga harus mendapat perhatian serius dari pemangku kepentingan. Dengan cara itu diharapkan upaya menekan angka penularan covid19 dapat dilakukan dengan lebih efektif dengan hasil maksimal.

“Mengajak masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 (3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dengan memanfaatkan sosial media, media siar (radio, dan TV), spanduk, maupun iklan, hal ini dinilai penting dalam mempercepat penanganan pandemi oleh pemerintah,” tulis Bamsoet pula.

“Mendorong pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 pusat maupun daerah dalam mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan, terlebih dahulu memahami kondisi antropologi dan kondisi sosial masyarakat setempat, sehingga memudahkan petugas untuk menggencarkan sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehatan (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan/3M), khususnya di daerah dengan angka kepatuhan yang rendah dalam penerapan protokol, agar tingkat kepatuhan masyarakat dapat meningkat,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments