Ketua MPR RI: Beri BBM Alternatif Setingkat Premium/Pertalite

Bambang Soesatyo.

KETUA MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa sudah seharusnya pengambil kebijakan bidang energi menyiapkan solusi terlebih dahulu sebelum menghapuskan peredaran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium maupun Pertalite. Solusi tersebut ialah tersedianya BBM yang setingkat dengan kedua jenis tadi.

“Mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM dan Pertamina, terlebih dahulu melakukan survey yang hasilnya dapat memberikan alternatif solusi pengganti Bahan Bakar Minyak/BBM lain dengan kualitas dan harga yang sama dengan Premium maupun Pertalite sesuai standar yang ditetapkan, sehingga dapat meyakinkan masyarakat pengguna untuk beralih menggunakan BBM jenis baru tersebut aman dan cocok bagi kendaraannya,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroniknya yang diterima, Kamis, (3/9).

Selain itu, Bamsoet juga memberi pesan agar pemerintah melakukan penghapusan tidak sekaligus. Namun harus dilakukan dengan memperhatikan tahapan-tahapan kesiapan baik pasokan BBM pengganti maupun masyarakat sebagai konsumen.

“Mendorong pemerintah melakukan rencana penghapusan Premium dan Pertalite tersebut secara bertahap dengan  memperhatikan kemampuan dan daya beli masyarakat, agar masyarakat dapat beradaptasi terlebih dahulu dalam menggunakan BBM jenis lain yang lebih ramah lingkungan,” tulis Bamsoet lagi.

Tidak lupa Bamsoet mendesak pengambil kebijakan lebih aktif dalam upaya meyakinkan konsumen BBM di tanah air mau dan beralih menggunakan BBM yang diyakini lebih ramah lingkungan.

“Mendorong pemerintah dan Pertamina menetapkan strategi kebijakan dan langkah agar konsumen mau beralih ke BBM yang ramah lingkungan, dengan melakukan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat tentang produk BBM pengganti tersebut, agar masyarakat percaya jika penggunaan BBM baru tidak merusak mesin kendaraan dan harganya terjangkau,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments