Ketua MPR RI Dorong Polri Sikapi Penyimpangan Bansos Covid-19

Bambang Soesatyo.

KETUA MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Polri mengambil sikap terhadap dugaan penyimpangan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 di seluruh wilayah republik ini. Para pelaku, diharapkan menerima sanksi setimpal akibat perbuatannya tersebut.

“Mendorong pihak Kepolisian segera mengambil sikap mengusut 107 kasus penyelewengan bansos dengan menindak tegas pelaku penyelewengan tersebut, mengingat penyelewengan bansos merupakan tindak pidana dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroniknya yang diterima, Senin, (7/9).

Terhadap penyimpangan tersebut, Bamsoet juga mendorong agar pemerintah daerah segera memperbaiki data calon penerima selanjutnya. Dengan perbaikan data tersebut diyakini tidak lagi terjadi penyimpangan atas penyaluran Bansos tersebut.

“Mendorong pemerintah daerah melakukan evaluasi terutama terhadap data penerima secara berkala dan memperbaharui data masyarakat penerima bansos dan subsidi yang dipadankan dengan nomor induk kependudukan (NIK), mengingat pembaharuan tersebut dinilai sangat penting untuk memastikan data penerima bansos dan subsidi tepat sasaran,” tulis Bamsoet lagi.

Tidak lupa Bamsoet juga berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memantau jalannya pendistribusian Bansos tersebut. Khususnya pada daerah-daerah yang diyakni rawan terjadinya penyimpangan.

“Mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut memantau realisasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di setiap daerah, khususnya daerah yang rawan penyelewengan bansos, serta pemerintah daerah (pemda) diharapkan memberikan pendampingan dan pendapat terkait kendala teknis yang dihadapi Satgas Penanganan Covid-19 dalam penyaluran maupun pendistribusian bansos,” lanjut Bamsoet.

Mendorong pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk memperhatikan masukan dari KPK yang menyatakan sejumlah penyaluran bansos dan subsidi yang tidak tepat sasaran.  untuk itu pemda harus berupaya optimal dan maksimal dalam menyalurkan dan mendistribusikan bansos secara merata kepada setiap warga yang terdampak Covid-19,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments