MPR RI Sambut Baik Rencana Arab Saudi

Ka’bah.

 

KETUA MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pihaknya mengapresiasi rencana Pemerintah Arab Saudi yang akan membuka kembali kesempatan menjalankan Ibadah Umrah kepada Ummat Islam. “Menyambut baik kebijakan Arab Saudi tersebut dan berharap Indonesia dapat masuk dalam daftar negara yang diizinkan memberangkatkan jamaah umrah,” tulis Bamsoet dalam pesan elektroniknya yang diterima, Jumat, (25/9).

Untuk itu Bamsoet berharap Pemerintah Indonesia menyikapi rencana tersebut dengan sungguh-sungguh. Agar Ummat Islam Indonesia bisa mendapatkan visa Umrah dari Arab Saudi. “Mendorong pemerintah melalui perwakilan Pemerintah RI di Arab Saudi terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, agar Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang dibolehkan  memberangkatkan jamaah umrah mengingat tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah,” lanjut Bamsoet.

“Mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) untuk menyiapkan regulasi berkaitan dengan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi, yang dititikberatkan pada aspek kesehatan dan keselamatan jamaah sehingga dapat dijadikan acuan bagi penyelenggara umrah maupun para jamaah dalam beribadah umrah di masa pandemi, mengingat masih banyaknya calon jemaah umroh yang tertunda keberangkatannya karena kebijakan Arab Saudi,  regulasi dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut disamping akhir dari pandemi belum diketahui,” sambung Bamsoet.

Tidak lupa Bamsoet juga mengingatkan agar aspek kesehatan bagi seluruh calon Jamaah maupun petugas Umrah tetap diutamakan dalam seluruh rangkaian kegiatan Umrah tersebut. Khususnya terkait kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. “Mendorong agar dalam penyusunan regulasi ibadah umrah pada masa pandemi, sebaiknya pemerintah terlebih dahulu memperhatikan kebijakan yang ditetapkan Arab Saudi dalam penyelenggaraan umrah pada masa pandemi, sebab layanan umrah lebih banyak diberikan saat jamaah berada di Saudi,” tegas Bamsoet.

“Mengimbau jamaah Indonesia tetap bersabar menunggu kebijakan dari Arab Saudi dan pemerintah, sembari tetap selalu menjaga kesehatan diri,” pungkas Bamsoet.   {007}.

Comments

comments