Disebut Urutan 3 Demokrat Bersyukur

JAKARTA—Disebut berada pada posisi urutan ketiga dengan perolehan 10,4 persen oleh lembaga survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Partai Demokrat mengaku bersyukur. Posisi tersebut dinilai sebagai pemerian Tuhan atas kerja yang dilakukan pasca berbagai persoalan selama ini. “Sebagai kader saya bersyukur, bergembira. Itu berkat dari kerja keras kita semua selama ini,” kata Ketua DPP Partai Demokrat, E Herman Khaeron saat dihubungi, Minggu, (9/3).

Bahkan Herman mengaku pihaknya optimis akan terus mendapat dukungan dari masyarakat di seluruh tanah air. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu juga yakin partainya akan mendapatkan “keajaiban” seperti tahun 2009 lalu. “Saya juga yakin, dengan kerja keras yang terus kita lakukan, Demokrat akan mengalami seperti apa yang terjadi pada tahun 2009 lalu. Demokrat akan terus mengalami kenaikan di hari-hari menjelang pemilu,” lanjut Herman.

Dengan kerja keras yang dilakukan seluruh kader itu pula, tegas Herman, pihaknya yakin akan mampu mencapai target pencapaian. Seperti diketahui beberapa waktu lalu Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBB) pernah mengatakan bahwa pihaknya berharap mampu mendapatkan dukungan minimal 15 persen pada pemilu 2014 ini. “Insya Allah target 15 persen akan tercapai,” tegas Herman.

Meski demikian, Herman mengaku bahwa pihaknya terus menghimbau seluruh kader agar selalu dekat dengan rakyat. Kerja-kerja yang selalu bersentuhan dengan rakyat diminta untuk selalu dilakukan seluruh kader di penjuru tanah air. “Isyarat berupa hasil survey tadi bukan melemahkan semangat kita, tapi harus terus menaikkan semangat dan terus dekat dengan rakyat. Sebab, pemilik mandat pemilu nanti ada di tangan rakyat,” ujar Herman.

“Terus bersama rakyat agar capai target. Kenaikan ini didasarkan semakin pahamnya rakyat bahwa sebetulnya pemerintaha SBY berhasil baik dari sisi ekonomi, sosial., budaya, keamanan. Pencamaian selama ini merupakan dari hasil kerja keras kita semua sehingga rakyat  kembali mendukung Demokrat. Harus yakin Demokrat capai target. Sebagai kader pencapaian 15 persen Insya Allah bisa dicapa,” sambung Herman.

Dalam paparannya, Peneliti SMRC, Jayadi Hanan mengatakan bahwa tidak ada partai pemenang pemilu 2014 yang dominan. Suara dukungan diperkirakan akan terpecah pada beberapa partai politik. “Tidak ada partai yang sangat dominan, tidak ada yang memperoleh 25 persen suara untuk mengajukan Capres sendiri. Kekuatan partai terfragmentasi, dukungan pemilih menyebar kemana-kemana. Parlementary treshold untuk memperkecil jumlah partai di DPR belum berhasil,” kata peneliti SMRC, Jayadi Hanan di Jakarta, Minggu (9/3).

Berikut hasil survei SMRC : PDIP: 16,5%, Golkar: 15%, Partai Demokrat: 10,4%, Gerindra: 8,6%,  PKB: 7,7%, PPP: 5,5%, PAN: 4,8%, PKS: 4,5%, Hanura: 4,1%, NasDem: 3,8%, PBB: 1,2%,  PKPI: 0,3%. Survey tersebut juga memperkirakan  jumlah responden yang tidak memilih adalah 17,7%.   (cr3)

Comments

comments