Pilpres, KSAD Jamin Seluruh Prajurit Netral

Budiman

KSAD, Jenderal TNI Budiman

KEPALA Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Budiman menjamin seluruh jajarannya akan netral saat pemilihan presiden (pilpres) pada 9 Juli 2014 ini. Sikap netral itu telah ditunjukkan jajaran TNI AD saat pemilu legislatif lalu dilaksanakan. “Jaminannya adalah kami punya kehormatan dan rasa tanggung jawab. Kami netral bagi rakyat dan keadilan, itu sikap kami,” kata Budiman di kantornya usai memberikan arahan kepada seluruh Pangdam, Danrem dan Dandim, Senin, (2/6).

Bahkan Budiman juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengeluarkan perintah tertulis kepada seluruh jajaran hingga tingkatan paling rendah. Isinya adalah, seluruh prajurit, tanpa terkecuali dilarang keras untuk memihak salah satu kelompok maupun golongan dalam seluruh rangkaian pemilu, baik legislatif maupun presiden tahun 2014 ini. “Untuk sikap netral itu kita sudah mengeluarkan ST (surta telegram) dan berbagai ketentuannya,” lanjut Budiman.

Dalam kesempatan itu Budiman juga mengatakan, bahwa sanksi terberat bagi prajurit yang melanggar sangatlah tegas. Sanksi kurungan sangat dimungkinkan jika sang pelanggar memasuki ranah pidana dalam bentuk pelanggaran itu sediri. “Jika melanggar dia bisa dipecat dan sampai pidana,” tegas Budiman.

Untuk tujuan itu pula Budiman menjelaskan telah mengumpulkan seluruh jajaran teritorialnya itu dalam beberapa hari kedepan. Berbagai rapat koordinasi terkait pemilu akan pula diikuti oleh seluruh  jajaran teritorial tersebut. “Besok Dandim keatas akan melaksanakan rakornas di Kemendagri yang melibatkan seluruh aparat pemerintahan yang terkait pemilihan presiden,” jelas Budiman.   (cr7).

Comments

comments