Indonesia Segera Panen Raya Buah-Buahan

Buah-Buahan Indonesia

Indonesia Bersiap Panen Raya Buah-Buahan

DALAM waktu dekat Indonesia diperkirakan akan mengalami panen raya untuk komoditas buah-buahan. Hal tersebut dimungkinkan terjadi lantaran musim hujan yang mundur di tanah air ini. Pada waktu bersamaan Indonesia akan mendapat limpahan produk buah-buahan dalam variasi yang banyak pula.

 “Dalam musim hujan, kondisi normal periode oktober maret ( tahun ini mundur ke pertengahan November), buah-buahan musiman seperti mangga, rambutan, duku, akan panen raya, ditambah dengan buah yang tak mengenal musim seperti pepaya, melon, semangka, belimbing, salak, alpukat maka ketersediaan buah di dalam negeri melimpah dan sangat bervariasi,” kata Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Hasanuddin Ibrahim dalam pesan elektronik yang diterima, Rabu, (19/11) malam.

Namun, kondisi cuaca saat ini harus mendapat kewaspadaan lebih dari petani komoditas lain seperti cabai maupun bawang merah. Sebab, cuaca seperti saat ini kurang memberikan keuntungan bagi petani yang menanam kedua komoditas tersebut.

“Sebaliknya sayuran seperti cabe dan bawang merah, arealnya menurun sekitar 10 persen karena petani menghindari bertanam cabe pada bulan Juni, Juli, Agustus (panen bulan September, Oktober, November sampai bulan Desember, Januari, Februari) saat kemarau karena ketiadaan fasilitas air irigasi di lahan kering, sementar panen jatuh di musim hujan yang resiko petik lebih tinggi (cabe cepat busuk kena air hujan dan biaya petik jadi mahal). Kondisi ini ditambah hambatan kelancaran distribusi saat hujan. Itu sebabnya setiap tahun selalu terjadi kenaikan harga cabe saat musim hujan,” ujar Hasanuddin.   (cr7).

Comments

comments