Pakta Integritas Kades Perkuat Nasionalisme

Infrasturkur Pedesaan

Pakta Integritas Kades Perkuat Nasionalisme

PAKTA Integritas bagi seluruh kepala desa (Kades) yang bermunculan belakangan ini diyakini akan mampu memperkuat rasa cinta tanah air dan nasionalisme. Untuk itu wacana tersebut sangat layak mendapat dukungan dari semua pihak agar dapat segera diterapkan. “Pakta ini penting juga, sehingga desa-desa di wilayah perbatasan mempunyai rasa nasionalisme dan kesatuan,” kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar dalam siaran pers yang diterima, Jumat, (28/11) malam.

Wacana Pakta Integritas itu, kata Marwan, sesuai dengan Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Nawakerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Pada Nawacita misalnya, salah satunya adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis domestik. “Juga perlunya melakukan revolusi karakter bangsa dan memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia,” ujar Menteri Marwan.

Pada Nawakerja kementeriannya, kata Menteri Marwan, ada sembilan kerja prioritas yang akan dikawal. Yakni perluncuran gerakan desa mandiri di 5.000 desa, pembentukan dan pengembangan 5.000 BUMDes, dan juga penyiapan implementasi penyaluran dana. “Dan sama dengan Nawacita, ada item terkait daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar dan terpencil yang harus diperhatikan,” ujarnya.   (cr7).

Comments

comments