Pemerintah Usul Perubahan Tata Ruang Wilayah

Siti Nurbaya

Siti Nurbaya.

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan sedang mengajukan usulan perubahan tata ruang wilayah. Agar bisa dilaksanakan, usulan tersebut harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari DPR RI. “Kita mengajukan usulan untuk mendapat persetujuan dari Pimpinan DPR tentang perubahan tata ruang dan tata wilayah di tanah air,” kata Siti Nurbaya beberapa saat sebelum bertemu Pimpinan DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu, (1/4).

Perubahan tersebut, lanjut Siti Nurbaya, diyakini akan memberikan dampak yang relatif besar pada berbagai sisi. Untuk itu peran aktif sisi politis dalam proses perubahan tersebut sangat dibutuhkan oleh pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini. “Ini nantinya akan memberikan dampak yang sangat penting baik dalam cakupan luas maupun nilai strtategisnya,” lanjut Siti Nurbaya.

Dalam kesempatan itu Siti Nurbaya menyebutkan bahwa perubahan tersebut paling banyak terjadi pada provinsi-provinsi di Pulau Sumatera. Meskipun provinsi di pulau lainnya juga ada yang mengalami perubahan sejenis. “Ada di Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara maupun Papua Barat,” jelas Siti Nurbaya.

Agar implementasi di lapangan bisa lebih efektif, Siti Nurbaya yakin Komisi IV DPR RI akan melibatkan semua pihak termasuk para kepala daerah. Dengan demikian diharapkan saat implementasi perubahan dilakukan sudah tidak ada lagi persoalan yang muncul dan bisa mengganggu rencana tersebut. “Kemungkinan di komisi nanti akan ada Panitia Kerja (Panja). Gubernur kepala daerah juga berkemungkinan di panggil rapat oleh komisi nantinya,” ujar Siti Nurbaya.   {007}.

Comments

comments