Jika Dana Desa Kisruh, Siapa yang Untung???

Margarto Kamis

Margarito Kamis.

PENGAMAT Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mempertanyakan pihak yang paling diuntungkan jika penggunaan dana desa menuai sangat banyak masalah dikemudian hari. Jika persoalan demi persoalan bermunculan pasca dicairkannya dana desa tersebut tentu pengawasan atas penggunaan itu sendiri semakin sulit dilakukan. “Kalau kekacauan terjadi saya tidak tahu siapa yang mendapatkan keuntungan politik dari undang-undang desa ini?” tanya Margarito.

Kehadiran dana desa itu sendiri, lanjutnya, diduga akan berkaitan dengan perpolitikan dalam negeri pada waktunya nanti. Untuk itu semua pihak diharapkan waspada terhadap pihak-pihak yang mendulang keuntungan dari persoalan itu sendiri. “Pilpres, Pileg, dana desa akan menjadi semakin gila-gila politik pada saatnya nanti,” ujar Margartio lagi.

Belum lagi persoalan perencanaan penggunaan dana desa yang hingga kini tidak sesuai harapan. Kucuran dana tanpa perencanaan yang baik dan benar tentu membuka peluang suatu penyimpangan atas penggunaan uang rakyat itu sendiri. “Seperti kita dengar bersama bahwa perencanaannya juga belum sesuai dengan ketentuan, tentu ini harus menjadi perhatian besar dari Presiden Jokowi,” kata Margarito.   {007}

Comments

comments