Pancasila Azaz Berbangsa Terbaik di Dunia

abdul kadir kardingg

Abdul Kadir Karding.

ANGGOTA MPR RI, Abdul Kadir Karding mengatakan bahwa Pancasila merupakan azaz dalam berbangsa yang mempunyai kualitas paling baik di dunia. Untuk itu bangsa ini seharusnya menggunakan Pancasila sebaik-baiknya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Di dunia ini Pancasila menurut saya masih yang terbaik sebagai pegangan bernegara,” kata Karding di Medan, (8/5).

Kalaupun dalam implementasi Pancasila di republik ini masih ditemui berbagai bentuk persoalan, lanjut Karding, itu bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan untuk menggantikan azaz itu sendiri. “Masalahnya ya hanya proses saja,” lanjut Karding.

Untuk itu Karding menyarankan adanya aturan yang lebih kuat agar nilai-nilai Pancasila itu bisa diberikan “pagar” sehingga dalam implementasinya bisa lebih maksimal. “Tidak mungkin tidak bungkus dengan aturan, aturan harus jadi pagar bangunan etika di negeri ini,” ujar Karding.

Nilai utama yang ada di Pancasila tersebut, ungkap Karding adalah musyawarah dan mufakat. Menurutnya nilai tersebut sudah banyak diterapkan oleh partai politik di negara ini. “PDIP sudah membangun musyawarah dan mufakat, jadi tidak ada footing. PKB juga, PAN juga. Musyawarah dan mufakat itu ruh dari tradisi kebangsaan yang harus dijaga dan dibina sehingga tidak ada lagi undang-undang yang lahir dari kepentingan politik sesaat,” ungkap Karding.   {007}.

Comments

comments