Setnov Apresiasi TNI Bantu Padamkan Api

Setya Novanto2

Setya Novanto.

KETUA DPR RI, Setya Novanto mengaku apresiasi terhadap Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dengan sigap membantu pemerintah dalam upaya memadamkan api akibat kebakaran hutan/lahan di republik ini. “Saya terimakasih kepada TNI yang sudah membantu pemerintah dalam usaha-usaha memadamkan api akibat kebakaran lahan dan hutan,” kata Setya Novanto saat dihubungi, Senin, (19/10).

Menurut Setya Novanto pula, TNI merupakan elemen republik ini yang sangat siap untuk digerakkan kemanapun dan kapanpun. Selain itu, TNI dinilai mempunyai kemampuan untuk memasuki daerah-daerah yang sangat sulit untuk dijangkau oleh masyarakat sipil lainnnya. “TNI sangat sigap begitu mendapatkan perintah dari negara untuk membantu memadamkan api termasuk di hutan-hutan yang sangat sulit dijangkau,” lanjut Setya Novanto.

Meski demikian, Setya Novanto memahami bahwa pemadaman api di wilayah lahan gambut tidaklah semudah yang dibayangkan banyak pihak. “Perlu dicermati bahwa yang berkaitan dengan gambut tidak bisa diselesaikan dengan upaya kalau tidak ada hujan. Sehingga perlu adanya perhatian pemerintah sekarang ini adalah memberikan instruksi kepada pengusaha pemegang izin pemanfaatan untuk membantu menjalankan misi dalam hal menyelesaikan kebakaran ini, karena pendanaan pemerintah tidak cukup,” sambung Setya Novanto.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI MS Fadhilah mengatakan bahwa pihaknya telah mensiagakan kekuatan untuk melaksanakana tugas pemadaman api tersebut. “Sesuai perintah Bapak KASAD dan Panglima TNI, kita TNI siap dari Sabang sampai Merauke dikerahkan untuk melaksanakan tugas tersebut,” kata Fadhilah saat dihubungi, Senin, (19/10).

Fadhilah juga mengatakan bahwa tidak ada batas waktu kesiagaan pihaknya dalam upaya pemadaman api akibat kebakaran hutan maupun lahan di repbulik ini. “Tidak ada batas waktunya, disesuaikan dengan kebutuhan kami selalu siap,” tegas Fadhilah.   {007}.

Comments

comments