DPR Pastikan RUU PPTKILN Bukan Celah bagi TKI Tanpa Dokumen

Okky Asokawati

Okky Asokawati.

ANGGOTA Komisi IX DPR RI, Okky Asokawati menegaskan bahwa Rancangan Undang-Undang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (RUU PPKTKILN) tidak akan memberi ruang bagi pekerja yang tidak memiliki dokumen lengkap.

“Dalam RUU ini dipertegas tupoksi masing-masing bidang. Termasuk screening termasuk kepada calon tenaga kerja sebelum berangkat,” kata Okky di DPR RI, Selasa, (12/4).

Hal itu dikatakan Okky lantaran dalam RUU tersebut terdapat klausul yang menyebutkan bahwa pekerja tanpa dokumen resmi tetap menjadi subjek dan berhak mendapat perlindungan. “Dalam ruu ini pekerja yang tidak berdokumen juga dilindungi,” lanjut Okky.

Lahirnya ruu tersebut, sambung Okky, tidak lepas dari fakta miris dilapangan terkait kondisi tki/tkw republik ini di luar negeri.

“Begitu banyak cerita yang memilukan yang dialami pahlawan devisa republik ini. Pembahasan tingkat satunya saja cukup alot antara panja dengan pemerintah. Beberapa kali diskors karena belum ada titik temu,” sambung Okky.

Hal lain yang juga mendapat perhatian dalam ruu tersebut, kata Okky, istilah tenaga kerja dirubah menjadi pekerja. “Karena kalau dia pekerja, artinya dia sudah mempunyai pekerjaan dan penghasilan,” jelas Okky.   {007}.

Comments

comments