Pembebasan Sandera Abu Sayaf Harus Secepatnya

Fadli Zon6

Fadli Zon.

WAKIL Ketua DPR RI, Fadli Zon menegasakan bahwa pembebasan ke 10 orang sandera Abu Sayaf di Philipina harus segera dilakukan. “Harus secepatnya,” kata Fadli Zon di DPR RI, Senin, (11/4).

Demikian pula jika dana tebusan harus diserahkan kepada para penyadera. Fadli Zon menegasakan bahwa hal tersebut jauh lebih baik dibanding hilangnya jiwa para sandera ditangan perompak tersebut. “Terkait dana, ini masalah nyawa mestinya bisa dipenuhi oleh perusahan, bila perlu negara,” lanjut Fadli Zon.

Meski demikian, Fadli Zon mengakui bahwa Indonesia tidak mudah melakukan intervensi dalam upaya pembebasan para sandera. Fadli Zon mengakui bahwa kelompok perompak tersebut terkenal dengan militansinya. “Kelompok ini termasuk sangat radikal, militan, punya kempuan sangat tinggi dalam bergerilya,” ujar Fadli Zon.

Fadli Zon berharap pemerintah republik ini bisa melakukan komunikasi-komunikasi yang lebih intensif untuk mengambil hati para perompak. “Yang bisa dilakukan adalah kontak hubungan dengan pemerintah Philipina dan MNLF yang mempunyai hubungan baik, karena pernah indonesia jadi penengah perundingan antara Philipina dengan MNLF. Memang dengan Abu Sayaf tidak pernah ada hubungan,” kata Fadli Zon.   {007}.

Comments

comments