Siapa Yang Senyum Dibalik Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok?

Ibnu Multazam

Ibnu Multazam.

WAKIL Ketua Komisi IV DPR RI, Ibnu Multazam mengaku heran dengan lonjakan harga kebutuhan pokok setiap memasuki Bulan Suci Ramadhan. Menurutnya ada pihak-pihak tertentu yang “senang” dengan lonjakan harga tersebut. “Pasti ada yang tersenyum,” tegas Multazam saat dihubungi, Senin, (23/5).

Dalam kesempatan itu Multazam juga mengatakan bahwa seharusnya pemerintah mampu mencegah terjadinya lonjakan harga yang sudah terjadi dari tahun ke tahun itu. Namun faktanya, masyarakat harus tetap mengalami dampak dari lonjakan harga itu sendiri. “Kok pemerintah tidak bisa mengantisipasi, masalahnya apa?” tanya Multazam.

“Lha yang terjadi ini kan petani menjerit, pedangang menjerit karena barang langka, konsumen juga menjerit karena harga melambung. Padahal harga bbm sudah murah, angkutan juga murah. Pemerintah harus menemukan benang kusut di distribusinya. Supaya kejadian tahunan ini teratasi dimasa yang akan datang,” sambung Multazam.

Dikatakan Multazam, Kementerian Perdagangan seharusnya mampu mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok yang terjadi hampir setiap tahun itu. Namun faktanya kementerian tersebut diduga hanya bereaksi ketika komoditas tertentu mengalami lonjakan harga saja.

“Kemendag itu semestinya harus bertanggungjawab terhadap naik turunnya harga itu. Penstabilan harga itu tugasnya Kemendag. Kemendag seharusnya bereaksi juga ketika harga turun, ini kan hanya ketika harga naik, dan reaksinya dengan impor,” tegas Multazam.   {007}.

Comments

comments