Nasir Djamil Pertanyakan Penunjukan Tito Karnavian

Nasir Djamil4

Muhammad Nasir Djamil.

ANGGOTA Komisi III DPR RI, Muhammad Nasir Djamil mempertanyakan penunjukan Komjen Pol Tito Karnavian oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). “Lompatnya jauh. Kenapa? Ada apa?” kata Nasir di DPR RI, Kamis, (16/6).

Menurut Nasir, penunjukan Tito Karnavian oleh Jokowi telah “melupakan” 4 angkatan di Kepolisian Republik Indonesia. Sedangkan sepanjang republik ini berdiri, penentuan pejabat kapolri memiliki tradisi tersendiri. “Apa iya Tito yang dipilih? Sementara ada 4 angkatan di Polri. Apa ke 4 angkatan itu tidak ada yang layak diangkat menjadi kapolri?” tanya Nasir lagi.

Ruang Iklan

Penunjukan Tito Karnavian oleh Jokowi tersebut, lanjut Nasir, diduga telah menimbulkan kegelisahan hati pada ke 4 angkatan yang menjadi senior Tito di Polri. “Apakah presiden akan memotong generasi di kepolisian Indonesia? Kan itu belum dijawab. Selama ini jawaban presiden normatif. Ini ada suasana kebatinan angkatan 83,84,85 dan 86. Semuanya punya adhimakayasa,” lanjut Nasir.

“Ada apa dengan Tito Karnavian?” tanya Nasir menyambung pertanyaannya.

Menurut Nasir, dalam undang-undang kepolisian, Presiden harus memberikan penjelasan kepada DPR RI. “Dalam undang-undang kepolisian itu agar presiden memberi sejumlah alasan kepada DPR. Ada alasan diluar normatif yang mampu membuat publik yakin. Karena ini adalah kapolri termuda dan terlama kalau jadi,” jelas Nasir.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments