Indonesia Harus Berfikir Menjadi Negara Penjual Produk

Satya W Yudha

Satya W Yudha.

KETUA Dewan Pakar IKA-ITS, Satya W Yudha mengatakan bahwa republik ini harus mau menjadi negara yang menjual produk ke negara lain. Jika tidak, maka bangsa ini hanya akan menjadi tempat penjualan produk-produk asing semata.

“Makanya Indonesia harus berfikir untuk bisa menjual produk di negara-negara Asean, kalau tidak mau menjadi negara pasar bagi produk Asean,” kata Satya di DPR RI, Jumat, (16/9).

Untuk bisa menjadi negara penjual, lanjut Satya, seluruh komponen bangsa ini, termasu pemerintah, harus sepakat terlebih dahulu. Kesepakatan tersebut dapat dilihat dari rencana kerja pemerintah dalam menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ruang Iklan

“Ini menyangkut tata mengelola kita bernegara. Sebetulnya kita maunya apa? Ini mesti disepakati bersama dulu,” lanjut Satya.

Setelah kesepakatan ada, sambung Satya, harus pula ada mekanisme kerja yang jelas. Mekanisme kerja yang jelas, diyakini Satya akan menjadikan tujuan semakin mudah diraih. “Harus ada strateginya yang jelas,” sambung Satya.

Menurut Satya, jika Indonesia pasrah dengan kondisi yang ada saat ini maka akan menjadi negara tempat menjual berbagai produk. Jika hal seperti itu terjadi, maka harus ada kewaspadaan dari semua pihak. “Kalau kita menjadi pasar produk mereka, ini berita buruk buat kita,” ujar Satya.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments