MPR RI: Pemimpin Harus Beri Contoh Hidup Berpancasila

Abdul Kadir Karding1

Abdul Kadir Karding (kanan).

KETUA Fraksi PKB MPR RI, Abdul Kadir Karding menegaskan bahwa seorang pemimpin haruslah menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam kehidupannya sehari-hari. “Seluruh pemimpin harus memberi contoh hidup yang harus berpancasila,” kata Karding di DPR RI, Senin, (13/3).

Sebab, lanjut Karding, masyarkat bangsa ini sangat terbiasa dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh para pemimpinnya. “Kalau ada contoh dari pemimpin, saya kira masyarkat kita akan mengikutinya,” lanjut Karding.

Salah satu contoh yang bisa diberikan para pemimpin kepada masyarakat republik ini adalah cara hidup. Menurutnya hidup dengan cara yang mencerminkan sila-sila dari Pancasila akan memberikan dampak positif pada masyarakat.

Ruang Iklan

“Yang jauh lebih penting adalah contoh, bangsa ini kekurangan contoh. Krisis contoh inilah, seperti contoh hidup bersajahaja, taat hukum, dan seterusnya,” sambung Karding.

Sayangnya, ujar Karding, dirinya menyayangkan prilaku tokoh-tokoh tertentu bangsa ini yang prilakunya bertentangang Pancasila. Dan hal tersebut telah menjadikan seolah-olah bangsa ini tidak lagi utuh.

“Banyak prilaku para elit yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, kearifan kita selama ini, saling hajar. Kerekatan sebagai sebuah bangsa sudah mulai terbelah. Ini semua hanya karena pilkada. Ini sangat tidak produktif bagi bangsa kita,” ujar Karding.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments