Satgas Saber Pungli Butuh Dukungan Personil dan Anggaran

Ricky F Wakanno

Ricky F Wakanno

WADIR Binmas Baharkan Polri, Kombes Pol Ricky F Wakanno mengatakan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) masih membutuhkan dukungan kongkrit untuk memaksimalkan kinerjanya. “Satgas Saber Pungli dan Unit Pemberantasan Pungli Kementerian/ Lembaga, Provinsi dan Kabupaten/Kota belum dapat beroperasi secara maksimal karena masih ada kendala baik yang menyangkut personil, dukungan anggaran TA 2017, sarana  prasarana maupun sistem metoda,” kata Ricky dalam keterangan tertulis, Sabtu, (1/4).

Dengan dipenuhinya dukungan-dukungan tersebut, lanjut Ricky, diyakini harapan masyarakat hilangnya pungli-pungli di republik ini akan segera terwujud. Sebab, pungli telah merusak berbagai sendi kehidupan bangsa ini. “Carut marut Pungli telah menyebar di setiap sendi tubuh bangsa dan masyarakat dan sudah menjadi suatu budaya tidak dilevel pemerintah tapi juga pada tingkat yang lebih kecil. Pungutan liar hampir terjadi di  semua pelayanan publik dan berdampak pada ekonomi biaya tinggi, rusaknya tatanan masyarakat, menciptakan masalah sosial dan kesenjangan sosial, menghambat pembangunan, merugikan masyarakat, menimbulkan ketidak percayaan masyarakat kepada pemerintah,” lanjut Ricky.

Ruang Iklan

Apalagi, sambung Ricky, meski baru dibentuk beberapa waktu lalu atas perintah Presiden RI, Joko Widodo, hingga saat ini satgas tersebut telah menorehkan beberapa capaian yang baik. Capaian tersebut juga telah berujung pada tumbuhnya kepercayaan publik kepada satgas ini. “Menerima Laporan/Aduan: Periode 28 Oktober Sampai dengan tanggal 28 Maret 2017, telah masuk 110.169  laporan/ aduan dengan rincian sebagai berikut:

Call Center 193 :   1.591
Laporan SMS 1193 : 99.251
Laporan WEB :   1.397
Laporan Email :   4.503
Laporan Aplikasi Android :   3.503
Surat :      311
Pengaduan langsung :        73

Yang paling banyak melalui SMS 1193 berjumlah 99.251,” sambung Ricky.

Menurut Ricky, penghentian Pungli merupakan satu kata yang sangat penting dilakukan agar masyarakat republik ini dapat lebih sejahtera dalam kehidupannya. “Kita berharap bersama STOP PUNGLI, kembali ke roda  Kehidupan yang berbahagia bersama keluarga melalui penyelenggaraan Birokrasi Pelayanan Prima yang benar dengan Pelayanan Prima kita telah diberikan gaji, tunjangan jabatan dan remunerasi serta bonus. Kepada yang tidak memiliki pekerjaan ikuti program Pemerintah seperti Pelatihan Padat Kerja atau UKM,” ujar Ricky.   {007}.

Ruang Iklan

Comments

comments